Tuesday, December 19, 2017

Resensi Novel Bintang karya Tere Liye

Resensi Novel Bintang Karya Tere Liye


Judul                 : Bintang (Buku ke-4 serial bumi)
Pengarang         : Tere Liye
Penerbit             : PT Gramedia pustaka utama, Jakarta
Tahun                : Cetakan pertama, Juni 2017
No. ISBN          : 9786020351179
Halaman            : 392 halaman
Kategori            : Fiksi dan Fantasi

Sinopsis

Kami bertiga teman baik. Remaja, murid kelas sebelas. Penampilan kami sama seperti murid SMA lainnya, tapi kami mempunyai rahasia besar.


Namaku Raib, aku bisa menghilang. Seli, teman semejaku bisa mengeluarkan petir dari telapak tangannya. Terakhir si Ali, biang kerok sekaligus si jenius bisa berubah menjadi beruang raksasa. Kami bertiga kemudian berpetualang ke dunia paralel yang tidak diketahui banyak orang yang disebut klan bumi, klan bulan, klan matahari dan klan bintang. Kami bertemu tokoh-tokoh hebat dan penduduk klan lain.

Ini merupakan pengalaman keempat kami. Setelah tiga kali berhasil menyelamatkan dunia paralel dari kehancuran besar, kami harus menyaksikan  bahwa kamilah yang melepaskan “musuh besar”-nya.

Ini ternyata bukan akhir petualangan, ini justru awal dari semuanya...
***

Novel yang berjudul Bintang karya Tere Liye ini merupakan novel keempat dari serial Bumi yang terdiri dari Bumi, Bulan, Matahari, dan Bintang. Novel yang bergenre fantasi ini menceritakan tentang 3 orang sahabat yang sudah menjelajahi dunia paralel. Mereka mempunyai tugas yang sangat berat yang harus menemukan pasak bumi yang akan diruntuhkan oleh Sekretaris Dewan Kota Zaramaraz.

Miss Selena akan mengadakan pertemuan penting yang akan diadakan di rumah Seli, guna untuk menyelesaikan masalah. Pertemuan ini akan dihadiri oleh 3 pejuang dunia paralel yaitu Raib, Seli dan Ali serta kedua orang tua Seli dan juga perwakilan dari Klan Bulan dan Klan Matahari. Ali si biang kerok yang jenius ini harus mengemban tugas yang berat setelah dia terpilih sebagai perwakilan Klan Bumi.

Setelah pertemuan itu, mulailah perjalanan Raib, Seli dan Ali untuk menemukan pasak bumi tersebut menggunakan kapsul ILY versi 3.0 milik Ali. Mereka harus melewati lorong-lorong kuno hingga sampai level 3 yang garisnya berwarna merah, dan banyak halangan dan rintangan yang harus dihadapi 3 orang penjelajah dunia paralel tersebut.

Pencarian pasak bumi tentu saja tidak mudah, ada ribuan kemungkinan dimana posisi pasak itu berada, tapi berkat Ali si jenius dengan mudah memperkecil ruang pencarian menjadi 6 titik saja.                                                  
Dalam tim ini adalah tugasku berpikir dua-tiga langkah ke depan (halaman 49).

Perjalanan Raib, Seli dan Ali kali ini lebih sulit dibandingkan perjalanan mereka sebelumnya. Selalu ada bahaya yang menanti mereka di setiap lorong yang akan dilewati.
***

Saya sarankan jika kalian ingin membaca novel Bintang ini, lebih baik lebih dulu membaca novel sebelumnya (Matahari) karena masih berkaitan satu sama yang lainnya.

Kelebihan dari novel Bintang karya Tere Liye ini adalah ceritanya yang membuat penasaran. Apalagi novel Bintang ini tidak menjadi penutup dari serial Bumi. Ternyata masih ada serial lanjutannya yang berjudul Komet. Novel karya Tere Liye ini banyak memiliki pesan moral yang sangat berkesan. Pesan moral tentang persahabatan antara Raib, Seli dan Ali yang memiliki semangat berjuang yang sangat tinggi  dan selalu melakukan hal yang terbaik bersama-sama.

Kekurangan dari novel Bintang karya Tere Liye ini adalah bahasa yang digunakan sulit dipahami. Bagi kalian yang menyukai novel fantasi, mungkin kalian sudah terbiasa dengan bahasa-bahasa aneh, beda halnya dengan orang yang baru pertama kali membaca novel fantasi mungkin mereka akan menganggap bahasa itu sukar untuk dipahami atau bahkan terkesan aneh. Misalnya pada kata Kota Zamaramaz, Hutan Taiga, Kapsul ILY dan lainnya yang mungkin belum diketahui pembaca.

Jadi, bagi kalian yang menyukai novel yang bergenre fantasi, maka saya menyarankan kalian untuk membaca novel karya Tere Liye ini dari serial Bumi, Bulan, Matahari, Bintang dan Komet (akan segera terbit).

Nama    : Bella Triya Endah Sari
NIM      : 2101417029
Rombel : 01/PBSI UNNES
Matkul  : Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Produktif (Menulis)

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar dengan bijak :)